Rabu, 10 Oktober 2012

RPP IPS TERPADU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IPS TERPADU



Dosen pengajar :
Adi Susilo, S.Pd



DISUSUN OLEH





Nor Adha Eryadi      A1A507260







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2010






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                        :     SMP…………..
Mata Pelajaran             :     Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :     VII/II
Standar Kompetensi     :     Memahami  kegiatan ekonomi masyarakat.
Kompetensi Dasar       :     1.   Mendiskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
Indikator                      :     -     Menjelaskan mata pencaharian (pertanian dan non pertanian).
-          Menjelaskan bentuk penggunaan lahan  di pedesaan dan perkotaan.
Alokasi Waktu             :     4 x 45 menit ( 2 x pertemuan)
Tahun Pelajaran           :     2009 – 2010

A.  Tujuan Pembelajaran
Dengan metode diskusi materi tentang pola penggunaan lahan dan kegiatan ekonomi masyarakat, diharapkan siswa dapat :
1.      Menjelaskan mata pencaharian penduduk dalam bidang pertanian.
2.      Menjelaskan mata pencaharian penduduk dalam bidang nonpertanian.
3.      Mengklasifikasikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan.
4.      Mengklasifikasikan bentuk penggunaan lahan di perkotaan.
5.      Mengisentifikasi kegiatan ekonomi masyarakatnya.


B.   Materi Pembelajaran
1.   Pengertian Lahan
2.   Bentuk penggunaan lahan
a. Penggunaa lahan di pedesaan.
b. Penggunaa lahan di perkotaan.
3.   Pola permukiman penduduk.
      a. Pola pemukiman memanjang.
      b. Pola permukiman tersebar.
      c. Pola permukiman terpusat.
4.   Kegiatan ekonomi penduduk.

C.  Metode Pembelajaran
1.      Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu metode diskusi.
2.      Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu pendekatan lingkungan dan pendekatan keterampilan proses.
3.      Model pembelajaran Jigsaw.

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah – langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu(menit)
Waktu
a.    Pendahuluan
Mengucapkan salam dan presensi siswa
Apersepsi :
Anak-anak ketika kalian ke pasar, kegiatan apa saja yang dapat kalian temukan.
b.  Kegiatan inti
   Guru sebagai fasilitator.
-          Guru menjelaskan secara singkat tentang materi pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan kegiatan ekonomi.
-          Guru membagi kelompok
-          Guru membagi materi diskusi mengenai pola penggunaan lahan dengan kegiatan ekonomi penduduk.
-          Diskusi kelompok (pertemuan ke-1)
-          Presentasi (pertemuan ke-2)
c.  Kegiatan penutup
·      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang di mengerti.
·      Guru dan siswa membuat kesimpulan dari pelajaran yang sudah berlangsung.
·      Evaluasi.

1-5



5-75





70-90

5 menit



70 menit





15 menit


E.     Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber                  :      -    Kurikulum KTSP dan Perangkat.
-          Pedoman khusus pengembangan silabus KTSP.
-          Buku IPS Geografi untuk kelas VII SMP dan MTs. PENERBIT ERLANGGA.
-          Buku IPS untuk kelas VII SMP dan MTs. TIGA SERANGKAI.
F.      Tehnik Penilaian
1.      Penilaian Hasil
a.       Tes tertulis 
b.      Non tes     
2.      Bentuk Instrumen
a.       Tes PG (terlampir)
b.      Rubrik penilaian proses (terlampir)
3.      Kisi-kisi soal


                                                                                                             Banjarmasin,        2010
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran IPS


(………………………)                                                            (………………………)









Lampiran
a.       Soal Tes Tertulis
Jawablah soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas !
1.      Apa yang dimaksud dengan lahan?
2.      Sebutkan apa saja bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan di perkotaan !
3.      Apa persamaan dan berbedaan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat pedesaan dan perkotaan ?
b.      Non tes
-          Rubrik penilaian diskusi kelompok
No.
Nama
Penilaian Proses
Keaktifan
Kerjasama
Kreaitvitas
Alokasi waktu
Komunikasi
1.












































Tidak ada komentar:

Posting Komentar