RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IPS TERPADU
Dosen
pengajar :
Adi
Susilo, S.Pd
DISUSUN OLEH
Nor Adha
Eryadi A1A507260
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
GEOGRAFI
JURUSAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG
MANGKURAT
BANJARMASIN
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP…………..
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
Kompetensi
Dasar : 1. Mendiskripsikan pola
kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan
kondisi fisik permukaan bumi.
Indikator : - Menjelaskan mata pencaharian (pertanian dan
non pertanian).
-
Menjelaskan
bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan
perkotaan.
Alokasi Waktu : 4
x 45 menit ( 2 x pertemuan)
Tahun Pelajaran :
2009 – 2010
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan metode
diskusi materi tentang pola penggunaan lahan dan kegiatan ekonomi masyarakat,
diharapkan siswa dapat :
1.
Menjelaskan mata pencaharian penduduk dalam bidang
pertanian.
2.
Menjelaskan mata pencaharian penduduk dalam bidang
nonpertanian.
3.
Mengklasifikasikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan.
4.
Mengklasifikasikan bentuk penggunaan lahan di perkotaan.
5.
Mengisentifikasi kegiatan ekonomi masyarakatnya.
B. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian Lahan
2. Bentuk penggunaan lahan
a. Penggunaa
lahan di pedesaan.
b. Penggunaa
lahan di perkotaan.
3. Pola permukiman penduduk.
a. Pola pemukiman memanjang.
b. Pola permukiman tersebar.
c. Pola permukiman terpusat.
4. Kegiatan ekonomi penduduk.
C. Metode
Pembelajaran
1. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu metode
diskusi.
2. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini
yaitu pendekatan lingkungan dan pendekatan keterampilan proses.
3. Model pembelajaran Jigsaw.
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Langkah –
langkah Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu(menit)
|
Waktu
|
a. Pendahuluan
Mengucapkan salam
dan presensi siswa
Apersepsi
:
Anak-anak
ketika kalian ke pasar, kegiatan apa saja yang dapat kalian temukan.
b. Kegiatan
inti
Guru sebagai fasilitator.
-
Guru
menjelaskan secara singkat tentang materi pola kegiatan ekonomi penduduk,
penggunaan lahan, dan kegiatan ekonomi.
-
Guru
membagi kelompok
-
Guru
membagi materi diskusi mengenai pola penggunaan lahan dengan kegiatan ekonomi
penduduk.
-
Diskusi
kelompok (pertemuan ke-1)
-
Presentasi
(pertemuan ke-2)
c. Kegiatan
penutup
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
di mengerti.
· Guru
dan siswa membuat kesimpulan dari pelajaran yang sudah berlangsung.
· Evaluasi.
|
1-5
5-75
70-90
|
5 menit
70 menit
15 menit
|
E. Sumber
dan Media Pembelajaran
Sumber : - Kurikulum KTSP dan Perangkat.
-
Pedoman khusus pengembangan silabus KTSP.
-
Buku IPS Geografi untuk kelas VII SMP dan MTs. PENERBIT
ERLANGGA.
-
Buku IPS untuk kelas VII SMP dan MTs. TIGA SERANGKAI.
F.
Tehnik
Penilaian
1.
Penilaian Hasil
a.
Tes tertulis
b.
Non tes
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes
PG (terlampir)
b. Rubrik
penilaian proses (terlampir)
3.
Kisi-kisi soal
Banjarmasin, 2010
Mengetahui,
Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
(………………………) (………………………)
Lampiran
a.
Soal Tes Tertulis
Jawablah soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas !
1.
Apa yang dimaksud dengan lahan?
2.
Sebutkan apa saja bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan
di perkotaan !
3.
Apa persamaan dan berbedaan kegiatan ekonomi yang
dilakukan masyarakat pedesaan dan perkotaan ?
b.
Non tes
-
Rubrik penilaian diskusi kelompok
No.
|
Nama
|
Penilaian
Proses
|
||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Kreaitvitas
|
Alokasi
waktu
|
Komunikasi
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar